Kesehatan: Kenali Kanker Prostat, Berikut Ini Beberapa Faktor Penyebab serta Cara Mencegahnya

- Jurnalis

Sabtu, 17 Februari 2024 - 02:53 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gejala Awal Kanker Prostat (kabarpers/tangkapan layar)

i

Gejala Awal Kanker Prostat (kabarpers/tangkapan layar)

Kabarpers Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali.

Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi dan gejala lainnya.

Jumlah kanker prostat sangat bervariasi di dunia, namun jarang terjadi di Asia Timur dan Selatan; sering terjadi di Eropa dan Amerika Serikat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Prostat sakitnya di mana? Nyeri di perut bagian bawah atau punggung bagian bawah. Kebutuhan mendesak untuk buang air kecil. Kandung kemih terasa sakit. Ejakulasi terasa menyakitkan.

Menurut American Cancer Society, kanker prostat paling jarang di alami pria Asia, dan yang paling sering terjadi di alami orang kulit hitam, dan orang Eropa di tengahnya. Pada penderita ditemukan rasio plasma vitamin B12 yang sangat rendah.

BACA JUGA :  Kanker: Kenali Penyebab Awal dan Jenis-jenisnya, Ini Tips Cara Pencegahannya

Faktor lainnya yang diduga dapat menyebabkan kanker prostat adalah perubahan hormon testosteron dan pola makan yang terlalu banyak mengkonsumsi lemak.

Apakah penyakit prostat harus di operasi? Kanker prostat tidak harus selalu operasi. Pasien mungkin hanya perlu observasi atau monitoring untuk mengobati gejala saja. Tetapi ada juga treatment variatif untuk meringankan keluhan atau gejala pasiennya.

Menurut penelitian lainnya, agen kimia seperti Cadmium juga ditemukan pada perkembangan kanker prostat. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker prostat.

Berapa lama sakit prostat? Prostatitis dapat sembuh dengan penggunaan antibiotik yang sesuai. Lama pengobatan bervariasi tergantung respon obat dan respon tubuh terhadap pengobatan. Umumnya membutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu untuk jangka waktu pengobatan.

Apa penyebab penyakit prostat pada laki-laki? Prostatitis. Pada pria berusia 30–40 tahun, gangguan prostat yg sering ditemui adalah prostat inflamasi atau prostatitis. Gangguan ini dapat dipicu karena adanya peradangan akibat faktor stres dan pola hidup, seperti melakukan diet tidak sehat, mengonsumsi makanan pedas dan alkohol berlebihan.

BACA JUGA :  Peresmian RS Salak, Prabowo; Ini Simbol dari Pengorbanan, Jasa Bagi Tenaga Kesehatan untuk Keluarga TNI

Makanan pantangan yang harus dihindari penderita kanker prostat pertama adalah daging yang dimasak terlalu matang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan keterkaitan antara konsumsi daging maupun olahan dengan peningkatan risiko kanker prostat.

Seperti apa bentuk prostat? Pada pria dewasa muda, prostat biasanya berbentuk seperti bola golf dengan ukuran sekitar 3-4 cm, namun pada pria lanjut usia, prostat akan berkembang menjadi lebih besar.

Bagaimana cara cek prostat? Jenis tes yang dilakukan adalah dengan memeriksakan colok dubur, untuk memeriksa kondisi kelenjar prostat dengan memasukkan jari ke dalam rektum.Tes darah PSA (prostate-specific antigen), untuk mengukur kadar protein PSA dalam darah yang dihasilkan oleh kelenjar prostat.

Menjaga kesehatan, menjaga berat badan tubuh, retensi semen, banyak minum air, mengurangi depresi, olahraga teratur, dan mengurangi konsumsi alkohol, daging, serta lemak.

Cara Mencegah Kanker Prostat

Bagaimana cara mencegah penyakit prostat? Cara mencegah kanker prostat yakni mengonsumsi buah dan sayur berwarna merah. Salah satu cara mencegah kanker prostat pada pria adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur berwarna merah, mengonsumsi kedelai dan teh, rutin berolahraga, berhenti merokok, batasi pengonsumsian lemak.

BACA JUGA :  Penyebab Penyakit Jantung, Ini Ciri-ciri, Pencegahan serta Pengobatannya

Kemudian dalam perawatannya, kanker prostat ada beberapa pemilihan metode dalam hal pengobatan yang dapat dilakukan oleh dokter.

Di antaranya adalah kemoterapi, radiasi, terapi hormon, operasi, dan transurethral resection of the prostate (TURP, digunakan pada tahap awal penyakit untuk membuang jaringan yang menghalangi saluran kemih).

Pemilihan jenis pengobatan berbeda-beda antara satu pasien dengan pasien lainnya karena sangat dipengaruhi oleh usia, kondisi kesehatan secara umum, perkembangan kanker, manfaat dan efek samping terapi.

Terapi hormon digunakan untuk mencegah tubuh memproduksi hormon testosteron yang dapat merangsang perkembangan sel kanker.

Sedangkan, kemoterapi umumnya digunakan pada kasus kanker prostat yang telah menyebar ke bagian tubuh lain sehingga harus dicegah perkembangannya dengan menggunakan bahan kimia. (Ss)

Editor: Safriz (Berbagai Sumber)

Komentar Anda

Berita Terkait

Pastikan Alkes Berfungsi dengan Baik, Presiden Tinjau Langsung RSUD Muara Bungo
Kanker: Kenali Penyebab Awal dan Jenis-jenisnya, Ini Tips Cara Pencegahannya
Penyebab Penyakit Jantung, Ini Ciri-ciri, Pencegahan serta Pengobatannya
Kode Etik Bidan dan Kewajibannya dalam Pelayanan Terhadap ke Pasien
Kesehatan: BAB Sampai Berdarah, Berikut Ini Cara Mengatasinya
Kode Etik Dokter, Berikut Ini Kewajiban Dokter dalam Pelayanan ke Pasien
Penyakit Jantung: Berikut Ini Jenis dan Gejala serta Cara Menjaga Kesehatan Jantung
Hindari Sek Oral dan Anal Ketika ML, Ini Penyebab Saat Buang Air Kecil Penis Anda Terasa Sakit

Berita Terkait

Senin, 15 April 2024 - 00:19 WIB

Mengenal Ukuran Siklon Tropis atau Badai dengan Kekuatan Besar

Minggu, 14 April 2024 - 01:52 WIB

Mengenal Advertising dari Aspek Bahasa dan Berbagai Jenisnya

Sabtu, 13 April 2024 - 00:46 WIB

Merubah SHGB ke SHM, Berikut Ini Peraturan ATR/BPN dan Cara Ngurusnya

Sabtu, 13 April 2024 - 00:44 WIB

Konsep Politik Berdasarkan Pendapat dari Berbagai Ahli Politik Legendaris

Jumat, 12 April 2024 - 10:48 WIB

Oportunis? Waspadai dan Kenali Ciri-ciri Karakternya, Simak Selengkapnya!

Jumat, 12 April 2024 - 10:39 WIB

Sejarah Awal Berdiri Kejaksaan, Berikut Ini Struktur Organisasi serta Fungsinya

Jumat, 12 April 2024 - 10:34 WIB

Pengertian Warehouse, Berikut Ini Fungsi dan Manfaat di Perusahaan

Jumat, 12 April 2024 - 01:26 WIB

Tujuan Dirikan Perusahaan, Berikut Ini Beberapa Tugas dari Struktur Jabatannya

Berita Terbaru

Gambar Ilustrasi Redaksi kabarpers (Siklon Tropis)

Catatan Redaksi

Mengenal Ukuran Siklon Tropis atau Badai dengan Kekuatan Besar

Senin, 15 Apr 2024 - 00:19 WIB

Eksplorasi konten lain dari kabarpers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca