New Range Rover PHEV, dari Spesifikasi Desain, Teknologi, Mesin hingga Model dan Harga

- Jurnalis

Minggu, 4 Februari 2024 - 02:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Land Rover New Range Rover PHEV

i

Land Rover New Range Rover PHEV

KabarpersPeluncuran mobil listrik pertama Range Rover yang semakin dekat, perusahaan tersebut mengatakan kendaraan itu sudah ditunggu-tunggu 16.000 orang yang sudah masuk daftar antrean dan menantikan.

Produsen mobil mengharapkan kendaraan listrik pertamanya menjadi sebuah Range Rover paling senyap dan paling halus yang pernah dibuat. Berdasarkan model tenaga gas yang ada, dilansir laman elektrek bahwa Range Rover listrik tetap mempertahankan desain khas Inggris Raya dan kemampuan untuk dibawa ke mana saja.

Range Rover memastikan teknologi penarik, penjelajah, dan teknologi segala medan akan melampaui SUV listrik mewah lainnya. Sementara itu, elemen klasik Range Rover tetap ada termasuk kabin kelas atas, desain minimalis, dan kemampuan off-road dengan dukungan nol emisi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

EV baru itu akan memiliki performa dan kemampuan segala medan yang serupa dengan Range Rover bertenaga V-8.

Range Rover menguji model baru ini dengan program paling ketat sejauh ini, termasuk suhu ekstrem, semua kondisi dan medan berkendara, dan mengarungi air hingga kedalaman 850 mm (33 inci). Dengan arsitektur 800V, Range Rover Electric akan menyertakan fitur pengisian cepat.

Desain New Range Rover PHEV

BACA JUGA :  Motor Kawasaki Ninja H2 SX SE 2022 Kembali di Recall, Berikut Ini Penyebabnya!

New Range Rover PHEV adalah mobil SUV listrik mewah yang cocok untuk segala medan. Bahkan di air, mobil ini dapat mengarungi kedalaman air hingga 850 mm. Desain eksterior dari New Range Rover menunjukkan modernitas, kecanggihan, namun tetap elegan tanpa aksen berlebihan.

Desain ini juga menampilkan permukaan yang luas dan bersih yang menonjolkan bodi yang kuat. Pada mobil ini pertama kalinya Range Rover menggunakan ban 23 inci. Di bagian belakang, lampu akan tersembunyi pada garis hitam dan akan menyala merah terang ketika rem diinjak.

Ada dua pilihan jumlah tempat duduk, yaitu 5 atau 7 kursi. Tempat duduk dibuat nyaman dengan kombinasi tekstil premium Ultrafabrics dan Kvadrat pada jok dan trim kabin. Pada sandarannya dilengkapi peredam bising sehingga tempat duduk Anda menjadi zona yang tenang.

Teknologi dan Baterai

Mobil dilengkapi layar touchscreen 13,1 inci yang dilengkapi Infotainment Pivi Pro sehingga Anda bisa selalu terhubung dengan telepon, mengontrol musik, mencari tempat parkir, hingga mengontrol perangkat pintar di rumah.

Range Rover dengan teknologi PHEV mampu menghasilkan emisi CO2 yang rendah hingga 18 g/km. Jika hanya menggunakan sistem elektriknya, mobil ini mampu berkendara jarak jauh hingga 113 km tanpa emisi gas buang.

BACA JUGA :  USB Flash Drive, Begini Cara Gunakan USB OTG di Android Pintar Anda

Dengan mesin 2.996 cc dengan motor listrik PHEV, mobil ini hanya mengkonsumsi BBM 0,8 liter untuk menempuh 100 km. Adapun kapasitas baterainya adalah 38,2 kWh. Pengisian daya di rumah (7kW) membutuhkan waktu 5 jam untuk bisa penuh 100 persen.

Sedangkan pengisian cepat menggunakan DC charger (50 kW) membutuhkan waktu 40 menit untuk memenuhi 80 persen baterai. MesinNew Range Rover PHEV memiliki dua pilihan spesifikasi mesin, yaitu P440e dan P510e.

Mesin pertama mampu menghasilkan daya maksimal 440 PS pada 5.500-6.500 rpm dengan torsi maksimal 620 Nm pada 1.500-5.000 rpm. Akselerasi dari 0-100 km dapat dilakukan dalam waktu 6 detik. Adapun kecepatan maksimalnya 225 km/jam.

Mesin kedua mampu menghasilkan daya maksimal 510 PS pada 5.500-6.500 rpm dengan torsi maksimal 700 Nm pada 1.500-5.000 rpm. Akselerasi dari 0-100 km dapat dilakukan dalam waktu 5,5 detik. Adapun kecepatan maksimalnya 242 km/jam.

Model dan Harga New Range Rover PHEV

Ada dua model atau varian Land Rover New Range Rover PHEV yang dipasarkan di Indonesia, yaitu model SE dan Autobiography. Harga untuk model SE mulai dari Rp5,2 miliar off the road, sedangkan Autobiography mulai dari Rp5,7 miliar off the road.

BACA JUGA :  Sejarah Berdirinya Mobil Yoyoda hingga Menjadi Mobil Toyota

Model Autobiography memiliki kelebihan, antara lain pada fitur interiornya. Misalnya auto-folding loadspace cover dan kontrol iklim empat zona. Pada model SE hanya iklim tiga zona. Pada kursi depan memiliki fitur pijat elektrik dengan pemanas dan pendingin 24 arah dan kursi belakang kelas eksekutif.

Model itu akan dibuat di pabriknya di Solihull, Inggris, bersama dengan PHEV Range Rover yang ringan dan jarak jauh. Kemudian, baterai dan unit penggerak listrik akan dirakit di pabrik Electric Propulsion Manufacturing JLR yang baru di Wolverhampton, Inggris.

Sebagai bagian dari identitas korporat baru, JLR dipisah menjadi sub-merek berbeda tahun lalu, termasuk Range Rover, Defender, Discovery, dan Jaguar. Di bawah strategi Reimagine, Jaguar akan beralih ke kendaraan listrik, sementara tiga merek lainnya masing-masing akan merilis model listrik hingga tahun 2030.

Perusahaan mengumumkan prototipe listrik Range Rover sedang diuji di jalan umum sementara SUV listrik berukuran sedang dan prototipe Jaguar baru sedang dalam pengembangan. (Ss)

Editor: Safriz (elektrek)

Komentar Anda

Berita Terkait

Awal Sejarah Berdirinya Pabrikan Mobil Toyota di Indonesia
Sejarah Berdirinya Mobil Yoyoda hingga Menjadi Mobil Toyota
VinFast Rencanakan Memulai Perakitan Kendaraan Listrik di Indonesia
Electric Vehicle: PT PLN Dukung Penuh Penyediaan SPKLU dan Home Charging di Tanah Air
Sebesar 24 Persen, Honda New Brio Masih Kuasai Penjualan Teratas di Ajang GIIAS 2023
Toyota Astra Motor Kembali Mendukung Pemerintah di Ajang KTT ASEAN ke-42 2023
TLCI Chapter#2 Riau Sabet Juara 1 Modifikasi Overland di Perhelatan Akbar Jamnas V di Jambi
TLCI Chapter#2 Siap Bawa Misi Kenalkan Potensi Wisata Alam Riau pada Jambore Nasional 5 Jambi

Berita Terkait

Senin, 15 April 2024 - 00:19 WIB

Mengenal Ukuran Siklon Tropis atau Badai dengan Kekuatan Besar

Minggu, 14 April 2024 - 01:52 WIB

Mengenal Advertising dari Aspek Bahasa dan Berbagai Jenisnya

Sabtu, 13 April 2024 - 00:46 WIB

Merubah SHGB ke SHM, Berikut Ini Peraturan ATR/BPN dan Cara Ngurusnya

Sabtu, 13 April 2024 - 00:44 WIB

Konsep Politik Berdasarkan Pendapat dari Berbagai Ahli Politik Legendaris

Jumat, 12 April 2024 - 10:48 WIB

Oportunis? Waspadai dan Kenali Ciri-ciri Karakternya, Simak Selengkapnya!

Jumat, 12 April 2024 - 10:39 WIB

Sejarah Awal Berdiri Kejaksaan, Berikut Ini Struktur Organisasi serta Fungsinya

Jumat, 12 April 2024 - 10:34 WIB

Pengertian Warehouse, Berikut Ini Fungsi dan Manfaat di Perusahaan

Jumat, 12 April 2024 - 01:26 WIB

Tujuan Dirikan Perusahaan, Berikut Ini Beberapa Tugas dari Struktur Jabatannya

Berita Terbaru

Gambar Ilustrasi Redaksi kabarpers (Siklon Tropis)

Catatan Redaksi

Mengenal Ukuran Siklon Tropis atau Badai dengan Kekuatan Besar

Senin, 15 Apr 2024 - 00:19 WIB

Eksplorasi konten lain dari kabarpers

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca